Sabtu, 28 Maret 2009

Rumor BlackBerry


BlackBerry Kickstart ( produk lipat )
Pembuatan produk cantikpun terus berlanjut. Kini muncul sebuah model segar yang di kasih nama BlackBerry Kickstart. Ini akan menjadi awal sebuah awal yang membuat publik makin terperanjat. Baagaimana tidak, ggebrakan pertama ini di awali oleh sebuah produk dengan form factor clamshell. Bagi banyak kalangan, apalagi yang telah lama mengamati produk BlackBerry, desain seperti ini memang agak mengejutkan. Karena selama ini, sebagai pemain tunggal dalam layanan sendiri, seperti PLN, BlackBerry tak terlalu ambil pusing dengan segala tektek bengek mengenai desain yaang menarik bagi konsumen, khususnya yang belum mengenal BlackBerry.

BlackBerry Kickstart di jamin bakal membuat banyak mata melirik. Pada bagian muka, tersedia kamera yang di bungkus dengan badge metal. Bagian sisi layar external yang umumnya tersembunyi di balik casing, pada Kickstrat justru terekspos. Bukan tanpa maksud, tapi pinggiran layar ini akan menampilkan cahaya terang silih berganti, tergantung keadaan dan status si telephon. Bisa jadi lantaran bakal memakan tempat yang tak sedikit, maka Kickstart hadir dengan keypad QWERTY yang sudah dimodifikasi. Seperti tampilan keypad pada seri Pearl. Demi kesuksesan di masa depan, kickstart dilengkapi dengan fitur bertumpuk. Antara lain WiFi, multmedia player, Bluetooth, kamera 2Mpix, slot jack universal 3,5 mm, serta BlackBerry OS paling baru.


BlackBerry 9300 Javelin ( Alternatif baru)
Pihak RIM telah menyiapkan beberapa produk baru lain yang segera menyusul Bold. Salah satu yang menjadi perhatian adalah BlackBerry Javelin. Hape pintar ini sudah di ketahui keberadaannya di internet ketika BlackBerry Bold muncul. Hanya saja waktu itu banyak orang yang menyangka bahwa Javelin dan Bold merupakan produk yang sama, mengingat desain ke duanya bagai pinang di belah dua. Namun setelah beberapa waktu mulai terbaca bahwa dua produkyang gambarnya tertangkap di internet itu adalah dua perangkat yang berbeda. Disinilah rumor Javelin mulai merebak. Awalnya banyak yang mengira Javelin merupakan produk yang lebih tinggi dari Bold. beberapa orang mengatakan bahwa Javelin mengusung sistim operasi (OS) 5.0.0 terbaru. Sangkaan ini semakin menguat setelah di ketahui beberapa fitur Javelin, seperti layar dan kamera, punya spesifikassi lebih baik.
Tapi segera berubah setelah muncul dokumen milik RIM dalam bentuk file notepad di internet yang membuat informasi seputar Javelin. Di file ini pula di ketahui Javelin tidak membawa fitur 3G seperti yang ada di Bold. Javelin hanya dilengkapi dengan teknologi koneksi EDGE dan GPRS.

Namun beberapa dugaan di awal seperti perangkat layar dan kamera yang lebih baik terbukti benar. Javelin memiliki layar yang berukuran lebih lebar dari Bold dan kameranya yang telah memiiki resolusi hingga 3,2 megapixel. Meski begitu secara keseluruhan fitur Javelin serupa dengan Bold, termasuk OS nya. Javelin masih menggunakan OS 4.6. 1 bukan 5.0.0, ini sama seperti OS milik Bold. Dengan mengeluarkan Javelin maka RIM tetap bisa menggaet untung dari negara-negara di Asia, karena kabarnya Javelin hanya akan beredar di kawasan Asia Pasifik. Bukan hanya itu, munculnya RIM juga menjadi alternatif bagi pengguna yang tidak membutuhkan fasilitas 3G di Bold tapi tetap menginginkan sensasi yang ada di Bold.

Beberapa waktu yang lalu Javelin resmi memiliki nama seri, Yaitu BlackBerry 9300. ini semakin menguatkan kemunculan Javelin ke pasar bukan rumor belaka. Namun sepertinya kita mesti bersabar sedikit karena pihak RIM sama sekali belum mau berkomentar soal kapan Javelin akan di rilis. Melihat Bold yang baru akan meluncur ke pasar pada bulan Juli-Agustus, sepertinya Javelin akan di umumkan pada akhir tahun ini.


BlackBerry Thunder ( BlackBerry sentuhan jari )
BlackBerry dengan navigasi layar sentuh ini muncul di permukaan dengan nama Thunder. Pertama kali fotonya tampil di internet di sebuah situs teknologi,The Boy Genius Report (BGR) dan langsung tersebar ke seluruh penjuru dunia maya. Menurut rumor, Thunder kemungkinan akan di kenalkan di kwartal ke tiga tahun ini dan akan di jual secara ekslusif lewat verizon Wireless di Amerika Serikat dan Vodafone di wilayah lainnya. Namun sayang, seperti seperti perangkat berlayar sentuh lainnya, BlackBerry Thunder juga harus mengalami nasib yang sama. Dibandingkan dengan iPhone. Apalagi ditambah hilangnya keyboard QWERTY yang jadi ciri khas sebuah BlackBerry.

Menurut BGR, pada bagian depan BlackBerry Thunder hanya akan ada layar dengan empat tombol yaitu dua tombol untuk anagkat dan tutup telepon, tombol blackBerry dan tombol back. Warna hitam dengan lis silver juga makin mendekatkan kemiripan kedua perangkat ini. Masih menurut BGR, Thunder juga di perkirakan akan memuat fitur-fitur canggih seperti 3G,EVDO rev C dan GSM HSPA. Thunder juga di perkirakan akan sangata kaya fitur multimedia. Tapi tentunya fitur push mail dan internet browsing masih jadi andalan.

Spekulasi tentang Thunder ini mencuat ramai saat di gelarnya wireless Enterprise syimposium (WES) 2008 di Orlando, dimana para pecandu BlackBerry mendengungkan soal kemungkinan adanya BlackBerry layar sentuh. Tapi di ajng tersebut pihak RIM masih tampak tutup mulut dan hanya mengumabar soal BlackBerry Bold, integrasi dengan Microsoft windows Live Hotmail dan Messenger serta kerja sama dengan IBM for mobile services dan lotus on the go.

Awal tahun ini, co-CEO Jim Balsillie terang-terangan mengemukakan kalau RIM akan mempertimbangkan untuk membuat sebuah perangkat berlayar sentuh jika banyak yang menginginkannya. Benar dan tidaknya rumor soal Thunder, Balsillie jauh-jauh hari sudah berkomentar kalau iPhone bukanlah ancaman. Menurutnya sama seperti Apple, BlackBerry juga sudah punya penggemar loyal sendiri.

Namun demikian, tetap saja kehadiran BlackBerry dengan layar sentuh akan sangat membantu RIM dalam usahanya untuk lebih mempertipis batas antara perangkat bisnis dengan yang lebih santai. Sejauh ini RIM telah berhasil memperluas pasar dengan mengambil ceruk pengguna yang menyukai hiburan dan perangkat berdesain cantik dengan haadirnya Bold, Curve dan Pearl.

Seawolf dan Aurora

Selain Kickstart, Javelin dan Thunder, masih ada dua lagi rumor soal produk BlackBerry. Dua produk rumor tersebut di kenal dengan nama Seawolf dan Aurora. Seawolf sendiri di perkirakan akan berbentuk clamshell seperti Kickstart namun dengan tambahan GPS. Produk ini katanya akan di luncurkan lewat AT& T di Amerika Serikat.

Semetara Aurora yang baru terdengar namanya ini kemungkinan adalah produk gagal yang yang tak pernah di luncurkan. Dari nomor serinya, sepertinya Aurora ini tadinya akan masih kedalam keluarga Pearl. Entah apa memang produk gagal atau belum ingin di publikasikan, tak ada yang tahu. Untuk Seawolf dan Aurora, belum ada foto-foto yang beredar. Benar dan tidaknya masih jadi tanda tanya besar.




1 komentar: