Rabu, 15 April 2009

Screen Capture Bikinan Lokal

Banyak software untuk BlackBerry bikinan anak negeri. Salah satunya adalah SHE, program screen capture atau peng-capture gambar pada screen BlackBerry. Yang membuatnya adalah anak Bandung yang bernama Oon Arfiandwi. DIa menulis satu program yang memanfaatkan API dalam BlackBerry itu sendiri dan memunculkannya sebagai satu program di luar built-in. Program ini kabarnya cuma di tulis dua hari dan hasilnya bisa kita nikmati secara gratis.

Dan untuk menikmati program screen capture ini, bisa unduh di http://bbgue.com/she.jad. Setelah kita mendownload secara OTA (OverThe Air) lakukan sedikit seting dahulu ke options/settings-Screen/Keyboard-ubah Left Side Convenience menjadi SHE seperti yang terlihat di layar BlackBerry anda.

Setelah selasai program ini bisa di pakai kapanpun kita perlu meng-capture gambar dengan menekan tombol Left Convenience. Hasilnya dalam bentuk bmp dan bisa ditemukan dalam internal memori, tepatnya di Device Memori/home/user/pictures. Nama filenya selalu o.bmp.

Sayangnya bila kita meng-capture gambar screen yang baru dan menyimpannya, maka selalu dinamakan dengan o.bmp lagi dan menimpa yang lama. Jadi kalau kita mau buat sekuen setelah selesai sekali capture, segera rename file o.bmp menjadi nama lain dulu. Sederhana dan mudah dalam pengoperasian membuat program ini memiliki nilai tambah tersendiri terlepas dari beberapa kelemahan yang dimilikinya.

Menurut penulis program ini, sekarang sedang di kembangkan program lanjutan alias versi berbayar dan akan mendapatkan fitur lebih, diantaranya bisa disimpan dalam bentuk jpg atau png yang mempunyai kompresi lebih tinggi di bandingkan dengan versi bmp sekarang.

Memang bmp beruran file besar tapi punya tampilan yang lebih solid di bandingkan jpeg atau format terkompresi lainnya tapi efisiensi lebih berperan dalam hal ini ukuran file, jika kita capture gambar ukurannya besar, maka waktu yang diperlukan untuk mengirim juga lebih lama. Semoga SHE yang baru bisa lebih kaya dlam fitur dan responsif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar