Rabu, 15 April 2009

Reset Memory pada BlackBerry

Pengguna BlackBerry yang berkepanjangan sebagaimana halnya pengguna komputer akan memakan memory yang tersedia. Maksudnya adalah memory yang tersdia tergunakan untukfile-file temporary, cache, ataupun hal-hal lain sebagai implikasi dari aplikasi-aplikasi yang berjalan di BlackBerry kita.



Apabila memori yang tersedia habis maka BlackBerry akan otomatis membersihkan dirinya dengan menghapus messages yang tersimpan maupun call log yang ada. Ada baiknya kalau kita secara berkala melakukan refresh terhadap memory yang tergunakan itu agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.



Sebagaimana komputer, untuk melakukan refresh memory yang harus dilakukan adalah reboot device anda. Reboot menurut petunjuk dari produsen BlackBerry adalah dengan mencabut batere dan membiarkannya selama 20 detik sebelum dipasang kembali. BlackBerry kemudian akan boot dengan cache yang kosong dan memory yang lebih bersih setelah itu.



Tapi proses buka tutp batere ini bagian dari kita adalah sangat merepotkan, apalagi kalau BlackBerry yang kita gunakan terpasang silicon case atau casing-casing lain yang susah untuk membukanya. Belum lagi proses buka tutup batere ini akan membuat tutup batere BlackBerry menjadi longgar seiring berjalannya waktu, atau bahkan bisa patah kalau kita tidak hati-hati.



Untuk mengatasi kesulitan ini kita bisa menginstall aplikasi Soft Reset dari http://www.geekandproud.net/. Aplikasi ini bisa di undu secara gratis sehingga tidak ada alasan untuk kita untuk tidak menggunakannya, apalgi bagi heavy user dalam BlackBerry.



Ingat, chat yang panjang dengan rekan kita meninggalkan chat log yang terus memakan memory. Jadi jangan dikira kalau kita sedikit terima email dan chating saja maka memory BlackBerry kita aman. Pengguna apliasi ini juga cukup sederhana. Kita tinggal klik aplikasi Soft Reset dan kemudian akan kita hadapkan pada dua tombol yaitu Reset dan Canel.



Klik Reset, lalu pilih Reset Now maka BlackBerry kita akan otomatis melakukan reboot dan membersihkan memory-memory yang di gunakan olaeh temprary fies, maupun cache. Ada baiknya proses Soft Reset ini anda lakukan tiap pagi atau siang hari ketika lunch time. Agar BlackBerry kita selau segar. Tetapi jika kita bukanlah seorang heavy user maka soft reset
bisa dilakukan cukup 2 atau 3 hari sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar