Selasa, 17 Maret 2009

Komunitas ID-BlackBerry

Sejak pertama kali muncul di permukaan, pelanggan BlackBerrry di Tanah Air terus berkembang dan berkembang. Perkembangannya yang cukup cepat tersebut juga di picu dengan adanya Komunitas BlackBerry di Tanah Air yg sangat aktif dalam mengkampanyekan penggunaan BlackBerry.
Salah satu millis komunitas BlackBerry yg paling terkenal di Yahoo groups adalah ID-BlackBerry. Millis ini merupakan salah satu millis yg paling aktif. Rata-rata tiap bulan bisa di posting sekitar 8.500 postingan. Bahkan bulan Mei 2008 sempat melonjak menjadi lebih dari 10.000 postingan. Dan rekornya pernah nyampai 12.400 pada Juli 2007.

Coba anda bayangkan tiap hari paling tidak sekitar 300 email millis pergi ke BlackBerry angota millis ini. Atau dalam sejam rata-rata 13 email ada 13 emailyg masuk. Ini menunjukan diskusi di mllis sangat aktif. Karena setiap email yg masuk bisa langsung di baca di BlackBerry membernya dan pada saat itu itu juga kadang langsung mereplay.

Millis menjadi tempat curhat dari topik yg sederhana, orang jualan, sampai diskusi yg serius. Dan angotanyapun beragam mulai dari anggota pengguna baru yg masih gaptek sampai yg sudah karatan ngoprek BlackBerry. Jumlah anggota sampai saat ini sudah lebih darai 1800 orang. Target sampai 2009 sekitar kurang lebih 2000 orang bergabung di komunitas ini.
Keberadaan komunitas ini berawal dari di luncurkannya layanan BlackBerry Indosat. Sebagian besar member awalnya juga merupakan pengguna BlackBerryIndosat, selain pengguna gadget secara umum termasuk dari vendor hape seperti Nokia.


Membuat Gathering

Selain lewat millis, komunitas ini juga melakukan pertemuan atau Gathering. Dalam gathering tersebut biasanya membahas hal-hal yg santai sampai yg rumit. Seperti tukar penglaman dalam penggunaan perangkat BlackBerry, bagi-bagi tips dan trik atau tutorial seperti upgrade OS dan lain-lain. Selain gathering, anggota millis ID-BlackBerry juga sering di undang pada acara gathering opertor.
Saat ini anggota komunitas ID-BlackBerry tersebar di seluruh Indonesia dan sekitar 50% merupakan anggota dari Jakarta. Tidak ada syarat yg rumit untuk menjadi anggota millis. Cukup kirim email ke id-blackberry-subscribe@yahoogroups.com,maka kita sudah bisa jadi anggota ID-BlackBerry.
Karena sifat komunitas ini terbuka, maka kita tidak mesti punya perangkat BlackBerry untuk masuk ke millis ini


Ada dukungan dari Operator

Keberadaan komunitas ID-BlackBerry ini memberikan keuntungan sendiri bagi operator, karena mereka sangat terbantu dalam melakukan sosialisasi penggunaan BlackBerry. Bahkan dalam berbagai kesempatan,operator ikut mengundang komunitas di millis ini hadir dalam gathering-gathering yg dilakukan oprator.
Bani Handa salah satu pengawas VAS Indosat mengungkapkan pihaknya kerap bekerja sama dengan komunitas BlackBerry di Indonesia untuk mengkampanyekan program-program BlackBerry Indosat karena dari millis inilah bisa tahu keinginan pelanggan BlackBerry.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar