Rabu, 04 Maret 2009

Panduan beli BlackBerry bekas

Halangan orang untuk membeli BlackBerry karena mahal, walaupun sudah tersedia paket bundling dari operator dengan cicilan. Tetapi bagi pengguna yang kebelet ingin pakai BlackBerry, bisa beli bekas. Handset BlackBerry memang susah di cari dan tergolong mahal jika membeli dari operator. Bagaimana jika budget terbatas tapi ingin mencicipi rasa unik dari sang buah berry hitam ini. Banyak yanag bertanya-tanya apakah BlackBerry bekas ini bisa dipakai untuk layanan operator di Indonesia. Tentu saja bisa. Apalagi alah satu operator terbesar di Indonesias sdah mengeluarkan layanan BlackBerry untuk prabayar. Bagi pengguna yang tidak punya kartu pasca bayar, yang selama ini di pakai operator untuk layanan BlackBerrynya, bisa membeli handset sendiri. Bagi yang mau mencoba membeli BlackBerry bekas denga anggaran yang terbatas, atau sempat si tawarin teman yang bawa BlackBerry dari luar negeri, ada sedikit tips yang harus dilakukan.



Sim Lock

Handset bekas yang beredar di Indonesia kebanyakan di bawa oleh expat atau karywa atau mahasiswa dari luar negeri. Untuk mendapatkan handset murah, para karyawan atau mahasiswa dari luar negeri cenderung memilih dengan kontrak yang notabene handset tersebbut akan di kunci oleh operator bersangkutan sampai kontrak berakhir atau membayar finalty. Cara cek handset yang terkunci operator sangat mudah . Masukkan saja SIM card dan jika muncul "nvalid SIM card" Hindarilah karena tidak bisa di pakai baik telepon maupun SMS.



Operator Lock

Jika tahap pertama telah di lewati dengan sukses, sekarang coba masukkan kartu SIM yang telah aktive service BlackBerrynya. Apakah ada tulisan gprs /edge dalam huruf kecil ? Jika ya, ada kemungkinana handset bekas ini masih terdaftar di operator lain dan belum di cabut service BlackBerry dari handset tersebut.



IT Policy

Beberapa perusahaan membatasi karyawannya dalam penggunaan handset BlackBerry untuk kepentingan pribadi karyawannya seperti chating. Jika IT Poliy ini di berlakukan untuk chating maka hanset itu tidak bisa di pakai untuk ber Yahoo Messenger ria atau berBlackBerry Messenger.
Cara mengetahui IT Policy ini adalah dengan membuka Option - Status -ktik BUYR, jika tidak tertulis

1 komentar:

  1. mau tanya. klo beli bb d luar negeri.. apa bisa di pake d indonesia.. masih belum ngerti ni.. apalagi tentang pin.. ttg operator d indo.. dll..

    mohon penjelasannya.

    BalasHapus