Selasa, 17 Maret 2009

BlackBerry Maps

BlackBerry Maps adalah BlackBerry terbaru yang sudah memiliki Fitue GPS. Namun BlackBerry model lama yang di lengkapi Bluetooth bisa dipakai sebagai alat navigasi.

Bagi user yang sering melakukan traveling, fitur ini sangat cocok sebagai alat navigasi, yaitu BlackBerry Maps dan Google Maps. Dengan adanya fitur ini, kita dapat melihat peta berbagai kota di seluruh dunia. Dan denga google Maps, kita juga bisa melihat peta foto satelit di suatu daearah. Berbeda dengan device lain yang kebanyakan data map di simpan dalam memori card atau unit, pada BlackBerry data tersebut di kirimkan melalui server. Jadi tidak perlu takut karena tidak bakalan di tagih pulsa GPRS selain hanya koneksi RIM BlackBerry nantinya.
Fitur navigasi ini akan berfungsi jika BkackBerry kita telah mempunyai internalGPS built-inatau mempunyai Bluetooth(dikoneksi dengan Bluetooth GPS). Pada type BlackBerry 88XX, 83XX, hard GPS sudah tertanam di dalamnya. Oleh karena itu, setingannya sangat gampang, cukup aktifkan fitur GPS nya, kita sudah bisa melihat posisi kita di peta dan bergerak sesuai pergeseran kita pada saat tersebut.
Sedangkan type BlackBerry yang lain yang mempunyai fitur Bluetooth seperti 81XX, 8707, dapat mengkoneksikannya dengan Bluetooth GPS seperti Kayo ebontek,Navibe, globaltop,Nokia LD3W, Nolia LD4W dan yang lain-lain yang bisa di beli di toko GPS online store(seperti www.kayo.co.id), maupun showroom Nokia seperti Bima sakti dan Global Teleshop.
Sebagai alat navigasi, kita bisa menggunakan BlackBerry Maps. Detil peta BlackBerry ini setara dengan peta yang di gunakan oleh handphone Nokia. karena peta yang di gunakan oleh BlackBerry ini adalah peta dari teleatlas yang juga di gunakan GPS merek terkenal seperti Mio, Tomtom dan Garmin.
Namun, walaupun Nokia Maps dan BlackBerry Maps sama-sama free software, namun BlackBerry Maps ini benar-benar free. Sementara Nokia Maps agar bisa menjalakan fasilitas autoroutingnya , kita harus rela merogoh kocek beberapa ratus ribu rupiah. Jika di BlackBerry kita belum tersedia BlackBerry Maps dan Google maps, software ini bisa di download dan di install langsung dari device lackBerry, yaitu di menu "BlackBerry Help". Atau browsing internet dengan google .com lalu masukkan kata kunci download "BlackBerry Maps" dan "Gogle Maps", banyak sekali yang menyediakan.
Kita juga bisa download ke PC atau Laptop ke http://na.BlackBerry.com/eng/devices/features/BlackBerry_maps.jsp, lalu install menggnakan BlackBerry Desktop software.


Langkah-langkah Penggunaan

1. Jika kita menggunakan BlackBerry yg tidak mempunyai GPS, maka pastikan Bluetooth GPS tlah terkoneksi dengan device BlackBerry. jika belum, lakukan pairing.

2. Buka software BalckBerry Maps, masuk ke menu option dan set GPS device ke Bluetooth GPs yg telah terkoneksi dengan BlackBerry.

3. Setelah itu klik start GPS. jika saat ini sedang berada dalam ruangan, maka alangkah
baiknya kita mendekatkan diri ke jendela , atau ke luar ruangan agar GPS dapat menerima signal satelit dengan baik. Pastika minimal GPS Bluetooth atau internal GPS di BlackBerry menerima 4-5 satelit. Hal ini untuk memastikan bahwa akurasi GPS dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya akan kordnat posisi kita pada saat itu. Setelah itu perlahan-lahan peta di BlackBerry Maps akan menjadi lebih detil dari gambar peta sebelumnya.

4. Klik Directions, pada menu BlackBerry Maps. Lalu masukkan location kita saat itu. Bisa plih current Location atau Enter An Address. Setelah itu, From current location, pilh alamat yg akan kita tuju.

5. Setela kita memilih alamat yang kita tuju, maka di blackBerry Maps akan terlihat perintah nama-nama jalan yg harus kita lewati. Dan jika kita klik view on the map, nama jalan yg akan kita lewati untuk sampai di tujuan telah terarsir dengan warna, dan kita hanya cukup mengikutinya arsiran warna itu saja.

Sedangkan untuk Google Maps, peta satelitnya tidak mempunyai nama jalan dan hanya berupa nama daerah. Namun akan sangat mengasyikan jika kita ingin mengetahui seperti apa sih .. kordinat saat ini kalau dilihat dari atas ?. Dan Nantinya Google Maps akan menjadi software wajib bagi para user BlackBerry.


Software BBplace

Software ini akan menjadi sangat menarik jka kita adalah dari kalangan fotografer, petulang, agen real estate, bank, dan fihak asuransi. Dan software ini sangat cocok bagi device BlackBerry yg telah di lengkapi dengan fitur kamera. sangat bermanfaat sekali bagi user yg sering melakukan foto di lapangan. Fungsinya agar user tersebut dapat mengingat best location untuk pemotretan, lokasi asset yg akan di agunkan oleh debitur bank atau ingi share photo petualangan keliling dunia ke teman-teman di kantor.

apabila kita sedang di tugaskan oleh atasan untuk melakukan survey lapangan ke daerah pedalaman. Kita dapat mengirim foto dan lokasi daerah secepat mungkin dan dengan menggunakan BBplaces ini, maka semuanya dapat menjadi sangat mudah. Setelah melakukan foto lapangan, lalu di upload dari BlackBerry ke BBplaces dan dapat di lihat di website www.blackberryplaces.com melalui komputer tentunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar