Jumat, 06 Maret 2009

Istilah - istilah dalam BlackBerry

APN
Singkatan dari Acces Point Name.
Ini di gunakan untuk TCP/IP, yang merupakan gateway antara jaringan mobile dan internet. Untuk mendapatkan akses internet yang selalu on, harus melewati sebuah APN. Beberapa hape seperti BlackBerry menggunakan multiple APN. APN utamanya adalah BlackBerry net untuk email. Tapi ada juga APN lain yang di definisikan oleh operator penyedia layanan.

BlackBerry Connect(BBC)
Merupakan layanan dari BlackBerry yang memungkinkan pengguna tidak lagi harus menggunakan perangkat genggam BlackBerry untuk memanfaatkan akses internet BlackBerry. Pengguna hanya perlu menginstalasi BlackBerry Connect pada smartphone merek apapun yang dimiliki, kita bisa memanfaatkan BlackBerry Internet Solution.

BlackBerry Enterprise Server(BES)
Merupakan perangkat lunak untuk sistim email yang terintegrasi yang dapat diterapkan pada sebuah korporat. BES dapat digunakan oleh jaringan email yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino. dan Novel Group Wise. BES ditujukan bagi pelanggan korporasi dengan cakupan usaha yang besar. Perangkat lunak ini mengintegrasikan seluruh smartphone BlackBerry pada suatu organisasi dengan sistim perusahaan yang telah ada. Keuntungan yang diperoleh adalah memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara aman.

BlackBerry Profesional Software(BPS)
Merupakan komunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Ia menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan karyawan, dalam sebuah paket yang mudah di pasang dan harga yang lebih murah.

BlackBerry Internete Service(BIS)
Merupakan perangkat lunak yang di peruntukan bagi pengguna pribadi dalam mengakses email dari BlackBerry. Dengan BIS pelanggan memungkinkan mengintegrasikan perangkatnya dengan 10 account email yang berbasis Post Office Protocol(POP3) dan Internet Message Acces Protocol(IMAP), menerima dan mengirim pesan instant, serta berselancar di Internet. Dengan BIS kita juga dapat membuka tambahan data dalam bentuk exel, word, powerpoint, pdf, zip, jpg, gip dengan tingkat kompresi data yang tinggi.

BlackBerry Mobile Data System(BlackBerry MDS)
Ini merupakan sebuah aplikasi optimasi pengembangan konektivitas internet yang disediakan oleh BlackBerry Enterprise Solution. Sistim ini menyediakan solusi untuk membangun, menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antara BlackBerry smartphone dan aplikasi - aplikasi pihak ketiga lainnya.

CrackBerry
Berasal dari kata crack yang berarti kokain dan kata BlackBerry. Kemudian yang dihadirkan dalam mengakses email dan pesan instant membuat para pengguna sering kali tak lepas dari BlackBerry. Efek yang dihasilkan membuat para pengguna tampak seperti orang yang kecanduan dengan BlackBerry.

Desktop Manager
Merupakan aplikasi yang digunakan BlackBerry untuk berkomunikasi dengan PC dalam melakukan sinkronisasi data pada kalender, adressbook, task atau memo.

Mobitex
Merupakan jaringan original awal yang berjalan di BlackBerry, seperti pada produk RIM seri 95x. Mobitex merupakan paket data awal dan masih populer untuk beberapa sistim, seperti taxi meter, scanner untuk delivery parcel dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar