Rabu, 04 Maret 2009

Panduan beli BlackBerry baru

Belilah perangkat yang sesuai dengan kegunaan sehingga BlackBerry itu lebih efektive di gunakan khususnya bagi para calon pengguna yang baru mau membeli BlackBerry.
Bagi para calon pembeli terkadang menjadi bingung, mau beli yang mana. Ada type yang cocok dan operatornya di kenal bagus, namun harga paketnya kemahalan. Ada juga yang budget tidak ada masalah tapi tidak tahu harus milih operator yang mana. Buat yang bingung milih BlackBerry, ada beberapa tips bagaimana cara memilih BlackBerry yang cocok untuk kita.

Pilih Operator
Yang pertama harus kita lakukan adalah memilih operator yang tepat untuk kita. Banyak iklan yang menawarkan tentang layanan BlackBerry yang di keluarkan operator dan menjanjikan layanan yang bagus. Namun terkadang kita merasa tidak puas dengan layanan operatornya. Miasalnya jaringan kurang bagus di tempat kita, layanan data sering hang, ini akan menjadi masalah di kemudian hari.

Coverage
Dalam memilih operator ada baiknya memperhatikan hal berikut. Pertama, coverage. Kalau kita banyak menggunakan BlackBerry di kantor atau di rumah, pilihla yang coveragenya bagus di sekitar kantor atau rumah. Kalau kita sering bepergian ke kota-kota tertentu, dimana tempat itu kita sering membuka BlackBerry untuk membantu pekerjaan, maka pilihlah operator yang punya sinyal bagus di daerah itu .

Paket data
Saat ini banyak paket data yang berkecepatan tinggi dengan harga yang relatif mura. Di BlackBerry, umumnya paket yang tawarkan sudah masuk paket bulanan, sehingga kita tidak membayar lagi untuk hal-hal lainnya. Paket yang di tawarkan bervariasi tergantung berapa kapasitas datanya. Kita tidak perlu mengeluarkan paket yang mahal kalau memang kita tidak memerlukan kapasitas data yang besar.

Waktu yang tepat
Banyak orang yang ngebet ingin memiliki BlackBerry hari ini juga karena terpikat oleh iklan BlackBerry atau melihat teman dekat sudah menggunakan BlackBeerry. Namun kita harus pandai-pandai mengecek, apakah harus memilikinya hari ini. Mungkin bulan depan, ada operator yang mengeluarkan paket menarik. Atau ada produk baru yang siap di luncurkan. Kalau kita bur-buru, pasti akan timbul penyesalan. Karena apa? Karena paket yang kita beli berlaku untuk periode kontrak tertentu.

Pilih perangkat
Saat ini di pasaran banyak beredar model-model BlackBerry mutakhir, seperti 8800, 8300, atau 8100. Tinggal pilih mana yang akan kita beli sesuai selera masing-masing.

Kamera
BlackBerry seri Curve dan Pearl sudah dilengkapi dengan kamera. Dan bisa jadi alternative pilihan misalnya untuk memotret produk-produk yang ingin kita presentasikan. Atau memotret satu tempat yang kemudian bisa kita kirimkan ke kantor lewat email.

Full QWERTY atau Sure Type
BlackBerry seri 8800, 8700, dan 8300 Series menawarkan full QWERTY keyboard, sementara type Pearl menggunakan teknologi SureType . Bila kita lebih banyak menerima email dari pada mengirim, maka mungkin cukup memerlukan produk yang slim, seperti Pearl yang punya keyboard SureType. Apalagi yang sudah terbiasa dengan SMS atau ngetik pakai T9, pilihan Pearl cukup bijaksana.

Fitur tambahan
Bnyak fitur tambahan yang sekarang mulai di benamkan di BlackBerry, misalnya GPS dan Wi-Fi. Untuk yang sering jalan-jalan tapi tidak tahu tempat, BlackBery yang dilengkapi dengan GPS built-in akan jadi pilihan, meskipun harganya lebih mahal. Apabila belum ada GPS built-in, kita masih berGPS ria dengan menggunakan tambahan BlueTooth GPS yang sekarang banyak terdapat di pasaran. Banyak area Hotspot juga menjadi fitur Wi-Fi di hp makin populer sekarang ini, karena kita bisa akses internet gratis . BlackBerry juga sudah menyiapkan warna khusus seperti titanium atau merah maron atau pink yang cocok untuk wanita.
Staf Operator denga senang hati akan menawarkan bantuan ke pada kita yang masih gaptek soal BlackBery.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar