Sabtu, 21 Maret 2009

Jive Talk


Mempermudah Chating
JiveTalk adalah salah satu aplikasi yang memudahkan untuk berkomunikasi antara kita dengan keluarga, kantor, maupun relasi dan rekan-rekan kita secara murah meriah.
Banyak orang yang menganggap bahwa BlackBerry hanya berguna untuk email. Berhubung mereka tidak ingin di kejar-kejar email setiap saat maka mereka menghindar dari mencobanya. Asumsi ini sungguh tidak benar, karena BlackBerry pada hakekatnya adalah sebuah mobility device, yang berarti lebih dari sekedar email. Salah satunya adalah Instant Messaging(Yahoo Messanger, Gtalk, window Live Messanger).

Kenapa Instant Messaging? coba kita ingat berapa banyak SMS yang kita kirimkan setiap saat ke rekan, keluarga, maupun relasi kita dalam sebulan. Yang lebih menyebalkan adalah rekan atau keluarga kita tidak mau balas SMS kita karena mereka akan keluar pulsa tambahan. Padahal kita butuh informasi cepat. Belum lagi biaya yang kita keluarkan per SMS, saat ini masih tinggi,sampai Rp 350 per pesan.
Memang ada yang lebih murah, seperti Axis yang cuma Rp 60 per pesan atau esia yang sudah meluncurkan Rp 1 per karakter. Apabila rata-rata biasa SMS sebesar Rp 100, jadi kalau dalam sebulan kita mengirimkan 1000 SMS maka kita akan mengeluarkan biaya sebesar Rp 100.000; Ini hanya untuk SMS saja. Belum untuk browsing, email dan sebagainya.

Coba kita lihat kembali kontak-kontak kita hampir semuanya punya account instant messaging apakah itu Yahoo, Gtalk, Windows Live ataupun IM lainnya. Hampir 8 jam waktu rekan atau keluarga kita sehari-hari di habiskan didepan komputer dengan aplikasi IM yang aktif.
Dengan menggunakan BlackBerry beserta aplikasi Instant Messaging, kita akan menghemat biayapenggunaan SMS cukup lumayan. Layanan BlackBerry yang ada sekarang dengan biaya termurah adalah Rp 180.000 per 30 hari dengan fasilitas akses data yang tidak terbatas. Jadi kita bisa chating maupun kirim email sebanyak apapun dalam 30 hari dengan biaya tetap.

Aplikasi yang wajib diinstal di BlackBerry saat ini namanya Jive Talk adalah aplikasi Instant Messaging dengan multi-platform. Sehingga satu aplikasi dapat digunakan untuk banyak user-id dalam satu Instant Messaging patform dan bisa juga menggunakan multi-platform yang ada tergantung kebutuhan.
Proses instalasinya gampang. Dari BlackBerry bisa langsung masuk ke : http//www.beejive.com/download. Atau kita bisa juga instal lewat Desktop. Pertama kita mesti tahu vesi OS dari BlackBerry (Otion>About). OS yang bisa dipakai adalah versi 4 atau sesudahnya dan free memory sekitar minimal 500 kb.
Jive Talk bekerja dengan hampir semua platform IM, seperti AIM. ichat,MSN, Yahoo, Google Talk, Jabber dan MySpace. Kinerjanya cukup bagus, karena real ime dan dapat melakukan chat dengan multiple user secara simultan. Kita juga bisa costumized skin dan emotico. Jive Talk juiga bisa browsing, telephon atau mengirim email atau pin message secara langsung dengan user yang ada di screen.

Kelebihan Jive Talk
Karena penggunaan memory internal BlackBerry yang di share antara penyimpanan pesan(email, SMS, MMSI), address book, dan aplikasi yang diinstal, maka penggunaan aplikasi yang lebih dari satu untuk setiap IM platform yang kita miliki akan mengurangi free space. Hal ini akan menyebabkan reaksi BlackBerry kita akan melambat dan pada puncaknya jika memory yang tersedia habis maka BlackBerry akan mendaur ulang memory internalnya dengan menghapus pesan-pesan yang tersimpan.
Itulah sebabnya tidak di sarankan untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang tidak jelas kegunaanya diBlackBerry kita. Lalu kenapa mesti Jive Talk yang berbayar ? Kenapa tidak aplikasi multi platform lain yang gratis tersebar di internet.

Pertama, Jive Talk selalu melakukan ping berkala ke server untuk memastikan bahwa koneksi tetap tersambung. Maksudnya adalah status yang kita lihat di Jive Talk apakah kita masih tersambung atau tidak ke Yahoo Messanger, itu adalah real time. Kalau status konesi tidak real time, dan kita tidak tahu bahwa sebenarnya kita telah disconected dari jaringan, maka pesan yang kita kirimkan ke rekan kita ketika itu bisa saja tidak diterima oleh rekan kita.

Kedua, user inetrface yang di berikan oleh Jive Talk sangat user friendly, dalam artian untuk menambah account baru, untuk membalas pesan, dsb tidak membutuhkan terlalu banyak pindah halaman.

Ketiga, kita dapat memilih untuk menggunakan koneksi BIS-B, yaitu koneksi menggunakan jalur BlackBerry yang sudah termasuk dalam biaya bulanan yang telah kita bayar, ataupun WiFi jika BlackBerry kita memiliki fitur WiFi built in. Kita juga bisa menggunakan koneksi APN Operator apabila layanan BlackBerry sedang down sementara kita mesti tetap berkomunikasi dengan rekan maupun reasi kita, walaupun APN Operator ini menimbulkan biaya tambahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar