Selasa, 03 Maret 2009

Tip Membersihkan Trackpad

Perangkat BlackBerry terkenal dengan navigasi TrackBall yang menyenangkan. Alat navigasi berbentuk bola yang di pakai BlackBerry ini menawarkan kontrol empat arah yang mudah dengan hanya memutar bola vertikal atau horizontal. Tapi mekanisme seperti ini juga memiliki banyak kekurangan. Seperti pada mouse, alat navigasi ini sering kali bermasalah karena penggunaan yang tiba-tiba menjadi sulit. Malah pada beberapa kasus, TrackBall ini tidak dapat di gunakan. Masalahnya adalah kotoran yang menempel di sekiter bola dan menghalangi sentuhan antara bola dengan konektor empat arah yang mengatur navigasi. Jadi walau kita putar bolanya,tidak akan terdeteksi karena ada debu dan kotran yang menempel. Solusinya tidak begitu sulit, kita hanya perlu membersihkan konektor navigasi dan bolanya dari kotoran yang menempel. Namun harua hati-hati jangan sampai konektor atau plat pengikat trackball rusak atau patah.

Inilah caranya :
1. Matikan BlackBerry anda dan cabut baterenya. Ambil obeng kecil dan masukkan perlahan-lahan kebagian bawah cincin perak yang ada di sekeliling trackball. Tekan perlahan-lahan sampai cincinnya terlepas.
2. Tekan perlahan dan cabut cincinnya sdampai terangkat.
3. Cincin perak tadi punya 3 klip di bawahnya. Sisi yang tidak memiliki klip konektor adalah bagian atas.
4. Ambil alkohol dan kapas pembersih telinga.
5. Di bawah trackball ada penampang dengan empat roda konektor. Bersihkan dengan lembut memakai kapasyang sudah diumuri alkohol. Bersihkn juga roda dengan alkohol sambil di putar-putar di dalam penampang tersebut.
6. Bersihkan bagian yang berwarna emas di bawah trackball dengan kapas beralkohol.
7. Pasang kembali semua komponen sesuai posisi awal. Masukkan bola dan tutup dengan cincin perak mengelilinginya. Pastikan sisi tanpa klip adalah bagian atas.
8. Masukkan Batere dan nyalakan BlackBerry. Trackball akan berfungsi seperti baru.

10 tips menghemat batere
Beberapa cara untuk menghemat batere BlackBerry anda.
1. Set Brightness pada Backlightnya agar tidak terlau terang. Masuk ke Option > screen/Keyboard>Backlihgt Brightness ->(set tidak lebih tinggi dari 50). Leih rendah lagi lebih bagus.
2. Set Auto Dim Backlight. Masuk ke options > Screen/keyboard>Auto Dim Backlight -> Setingan ini secara otomatis akan membuat backlihgt brightness di bawah setingan di atas tadi. Oleh karena itu, set brightness yang barusan serendah mungkai dan bikin seting ini menjadi auto pada saat di perlukan.
3. Turunkan backlight timeout. Masuk ke Options>Screen/keyboard>backlight timeout->Set menjadi 30 seconds atau kalau bisa lebih rendah lagi.
4. Matikan LED indikator. Masuk ke Options >Screen/keyboard>LED coverage indikator->set ke off
5. Key Tone tidak perlu bunyi kalau memang tidak perlu. Masuk ke Option >Screen/keyboard> Key tone -> set off.
6. Fitur getar tidak perlu tinggi. Masu ke profiles > Advanced >(Active)>Bila fitur getar(vibrasi) di gunakan untuk telepon, SMS, IM, set vibrasinya tidak lebih dari 2. Fitur getar yang sering terjadi ini cukup memboroskan batere.
7. Kti juga bisa mengurangi jumlah beeps. Misalnya set ke 1 tapi volumenya di set tinggi. Atau beepsnya jadi dua, tapi volumenya sedang.
8. Bikin proflile Tone only. Profiles> Advanced.(Aktive) -> set semua profil Out of Holster menjadi Tone only. Sedapat mungkin jangan terlalu banyak menggunakan fitur vibrate atau gabungan tone dan vibrate untuk profilni. Termasuk untuk LED.
9. Set Email Filters untuk memblokir pesan-pesan yang tidak perlu(junk) yang masuk ke email kita. Semakin sedikit transmisi pesan yang di lakukan BlackBerry jelas akan membuat batere BlackBerry kita lebih hemat.
10. Set Wirelessnya ke off untuk bila anda didaerah-daerah yang memang tidak ada jaringan wirelessnya. BlackBerry akan terus mencari sinyal wireless. Ini yang menyebabkan pada jaringan yang kurang bagus, batere kita lebih sering cepat habis.

2 komentar:

  1. Nice post, tapi untuk blackberry yg tidak memakai cincin perak seperti tipe 8900 javelin dan 9000 bold agak ribet apabila mesti membuka casing. Cara paling mudah yg saya temukan di google adalah dengan memakai sedotan seperti yang ada di halaman http://www.unique-stuff.co.cc/fixing_sticky_blackberry_trackball.html Sekarang trackball saya uda kembali perawan seperti semula.. hehe.. no offense..

    BalasHapus
  2. wah klau gitu saya minta solusi donk ..!!aq punya hape chinna yg trackpad...bagaimana ya caranya agar trackpadnya bisa dijalankan lagi ..!!soalnya awal beli enak2 aja tuch ..tapi belum ada 1 bulan udah ga bisa trackpadnya ..minta solusinya donk .>!klau bisa balas via email ya juragan..!!saksenatum@yahoo.com

    BalasHapus