Kamis, 12 Maret 2009

Istilah - istilah yang ada dalam BlackBerry(bag II)

Push Email
Sering diterjemahkan sebagai Email gegas. Merupakan Email yang dideliver secara langsung tanpa delay. Tidak perlu cek Email. Seperti halnya pager atau SMS. Pada saat email di kirimkan orang ke kita , maka BlackBerry kita akan langsung menerima email tersebut dalam hitungan detik.

TrackBall
Adalah tombol navigasi khas perangkat BlackBerry yang berbentuk seperti bola dan untuk menggunakannya kita cukup memutar- mutar TrackBall.

TrackWheel
Merupakan konsep awal tombol navigasi di perangkat BlackBerry. Bentuknya sama seperti trackwheel di mouse PC. TrackWheel pada perangkat BlackBerry di letakan di bagian samping agar mudah di akses.

PIN
Masing-masing BlackBerry memilik pin yang unik. Ini buka pin 4 angka pada kartu SIM, tapi 8 karakter hexadecimal yang di gunakan untuk mengidentifikasi perangkat kita dalam BlackBerry Enterprise Server. Jadi PIN ini tidak digunakan dalam konteks PIN untuk login seperti kartu SIM, ATM, atau online banking.

PIN Messaging
Mengirimkan email pribadi ke sesama BlackBerry. Tidak semua pengguna BlackBerry membutuhkan PIN messaging, tapi banyak yang suka dengan fitur ini.

PIM
Singkatan dari Personal Information Management. PIM membantu dalam mengelola addres book, calender, tasks, dan notes. PIM biasanya digunakan untuk mensinkronisasi satu sama lainnya, misalnya antara BlackBerry dengan microsoft outlook.

RIM
Singkatan dari Research In Motion, merupakan perusahaan yang memproduksi perangkat BlackBerry. Perusahaan ini berasal dari Kanada.

SureType
Merupakan model keyboard QWERTY milik blackBerry yang menempatkan dau karakter huruf dalam satu tombol. Seri yang menggunakan keyboard SureType adalah Pearl.

iDEN
Teknologi jaringan seluler yang di kembangkan oleh Motorola. Kelebihannya adalah memiliki akses komunikasi radio dua arah yang bisa di gunakan oleh dua pengguna iDEN. Kelebihan iDEN adalah memiliki chanel frekuensi yang lebih banyak dari teknologi jaringan lain. Lebih dari 6 chanel di sediakan, frekuensi dalam satu chanelnya adalah 25 KHz. Di Amerika ada dua operator yang menggunakan teknologi iDEN, yaitu Sprint, dan Southern LINC.

BlackBerry Web Client(BWC)
Merupakan software BlackBerry yang memungkinkan pengguna individu menikmati layanan BlackBerry. BWC merupakan istilah lama dari BIS.

Service Books
Sevice books dalam perangkat BlackBerry menyediakan beragam layanan informasi sesuai type BlackBerry pengguna, seperti konfigurasi email, browser dan layanan lainnnya.

TCP/IP(Transmission Control Protocol/Internet Protocol) stack
Adalah protocol internet yang bisa menghubungkan perangkat seluler dengan komputer melalui jaringan internet. Beberapa hp BlackBerry terbaru telah dilengkapi dengan fasilitas TCP/IP Stack sehingga kita dapat terhubung dengan komputer kita di kantor atau di rumah dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar