Sabtu, 13 Juni 2009



Pesatnya Perkembangan Pengguna Blackberry di Indonesia



Demam Blackberry merambah dengan cepat keseluruh dunia. Kebutuhan masyarakat akan akses internet dan email dimana saja dan kapan saja, membuat Blackberry menjadi fenomena baru di dunia handphone, termasuk Indonesia.

Hasil penelusuran, pengguna blackberry di Indonesia ternyata semakin memuncak dari
tahun 2007 sampai pertengahan 2009.

Indonesia menduduki peringkat kedua di dunia setelah Canada dalam periode hanya 1 tahun lebih, mengalahkan US. Dilihat dari curva perkembangan pengguna blackberry di Indonesia awal tahun 2007 sampai 2009, Provinsi tertinggi pengguna blackberry adalah di Sumatra Utara, tepatnya di Medan, dikikuti oleh Jakarta Raya, kemudian Bali, Jawa Barat, Jawa Timur dan terakhir Yogyakarta.

Blackberry masuk ke Indonesia dengan menggandeng operator sellular, strategi ini diterapkan untuk menjual layanan blackberry. Dengan menggandeng Indosat sebagai partner operator untuk blackberry, pada pertengahan desember 2004. Setelah Indosat menyusul Telkomsel dan XL yang menggelar layanan Blackberry yang menjual dengan paket BES (Blackberry Enterprise Solution) lengkap dengan penyediaan hardware server BES yang termasuk dalam paket penjualam, dan mereka memasarkannya ke pasar korporat, ini dikarenakan fungsi blackberry lebih mendukung aktifitas kantor.

Namun para operator bukanlah satu-satunya yang memicu perkembangan tren Blackberry di Indonesia, pasar gelap alias black market pun punya peran penting dalam mempopulerkan Blackberry di masyarakat Indonesia. Negara kita memang salah satu tempat yang menjadi surganya barang “pintu belakang” alias illegal. Banyak perangkat blackberry yang sebenarnya di peruntukkan bagi pasar Negara lain masuk ke Indonesia melalui black market (BM).

Jika dibandingkan dengan iphone perkembangan blackberry di Indonesia jauh lebih tinggi, di tahun awal tahun 2007 iphone meninggalkan blackberry dengan perbandingan 10 : 1, tetapi di tahun 2009 perkembangan blackberry jauh meniggalkan perkembangan iphone. Ini membuktikan bahwa blackberry lebih bagus dan lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan jenis handphone lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar