Sabtu, 28 Februari 2009

Beberapa Tips untuk pengguna BlackBerry


Mengubah signature di setiap outgoing
Setiap kita mengirimkan e-mail dari BlackBerry device kta selalu saja ada signature yang otomatis menempel di bagian bawah e-mail. Signature itu umumnya seperti ini sent from my BlackBerry wireless device. Tentu bagi sebagian dari kita, apalagi yang mrnggunakan e-mail BlackBerry untuk urusan kantor akan terganggu dengan signature tersebut, atau bahkan kita ingin memasukan signature versi kita sendiri.

Cara yang mesti dilakukan adalah seoerti berikut :
Masuk kewebclient operator yang kita gunakan, indosat(http://indosat.blackberry.com/), Telkomsel(http://telkomsel.blackberry.com/), dan XL(http://xl.blackberry.com/). Setelah kita memasukkan URL webclient operator maka akan di hadapkan pada tampilan berikut: Masukkan username dan password. Jika sebelumnya kita belum memiliki username dan password maka pilihlah Create New Account. Nantinya kita akan di minta untuk mengiskan Device PIN dan IMEI. Kedua informasi ini bisa di dapatkan di BlackBerry Device kita dengan masuk ke Options >> Status, atau bisa di lihat di box BlackBerry kita
Setelah berhasil login, diasumsikan kita sudah mensetup e-mail account yang di push ke BlackBerry Device, klik edit di e-mail account yang ingin di edit. Kita akan mendapatkan tampilan berikut. Kita bisa menggantu default signature apapun yang di inginkan, teapi hanya bisa menggunakan format text. Setelah selesai, klik save dan kita bisa logout dari webclient.


Memunculkan Task Manager Agar Bisa Pindah Antar Program
Sering kali kita ingin pindah ke aplikasi di BlackBerry kita, tetapi kita tidak mau menutup aplikasi yang saat ini kita sedang buka, atau kita malas untuk kembali lagi ke home screen ketika kita mesti bolak- balik antar dua aplikasi. Kita dapat menggunakan Task Manager untuk pindah antar aplikasi hanya dengan menekan tombol Alt dan Escape berbarengan. Tombol Escape adalah tombol yang bernentuk panah melekuk. Kita bisa pindah aplikasi dengan menggerakan trackball BlackBerry ke aplikasi yang dinginkan. Dan ketika kita ingin kembali lagi ke aplikasi awal, munculkan saja Task Manager lagi.



Menambah Email
Apabila kita baru pertama kali menggunakan BlackBerry, maka cara yang paling mudah adalah menggunakan e-mail settings langsung dari BlackBerry device. Klik tombol BlackBerry atau pilih Applicatios dari home screen. Lalu pilih e-mail settings. Jika prtama kali kita menggunakan BlackBerry maka pilihlah Create New Account dan ikuti petunuk yang kemudian muncul. Jika kita sudah pernah mensetup e-mail maka scroll lah ke bawah dan masukan username serta password untuk login. Setelah selesai Create New Account dan login, maka kita akan mendapatkan tampilannya. Lalu pilihlah Add An Email Account. Isilah alamat email yang ingi di terima di BlackBerry beserta passwordnya. Pilih next, dan ikutilah petunjuk yang ada. Setelah selasai bisa pilh log Out dan Close Browser. Cukup semudah itu untuk mensetup email yang ingin kita terima di blackBerry device milik kita.



Mengubah Ringtone
Kebiasaan kita adalah mengubah-ubah ringtone sesuai dengan selera. Di BlackBerry kita bisa merubah ringtone berbeda-beda untuk masing-masing aplikasi. Ringtone untuk phone bisa diset berbeda dengan ringtone untuk SMS, tingtone untuk Instant Messaging, dll. Bagaimana cranya ?
Langkah pertama klik icon bergambar speaker di BlackBerry anda. Kemudian scroll ke paling bawah dan pilih Advanced... Pilih propile mana yang ingin anda edit ringtonenya. Lalu pilih aplikasi manakah yang ringtonenya ingi di ubah. Terdapat dua bagian, yaitu Out of Holster dan In Holster. Out of Holster adalah kondisi dimana BlackBerry berada di luar sarung originalnya, sementara In of Holster adalah kondisi dimana BlackBerry di masukkan ke dalam sarung originalnya(dipinggang kita atau dalam tas). Apa yang membedakan ? Dalam sarung original BlackBerry terdapat magnet yang menyebakan BlackBerry akan mendeteksi dimana lokasinya saat itu. Ini menguntungkan kita, karena biasanya kita ingin volume ringtone dalam ktika dalam holster lebih kencang di bandingkan ketika pegang di tanga. Dengan cara ini, kita tidak mesti merubah volume setiap kali kita mengeluarkan BlackBerry dari dalam holsternya.



Menerima File Via BlueTooth
Pasti sebagian dari kita pernah dibikin frustasi ketika mencobamengirimkan file via Bluetooth ke BalackBerry. Setiap ingin merimkan file, selalu dibilang gagal padahal ita dudah pairing antara BlackBerry dan device yang akan mengirimkan file tersebut. Ternyata ada sesuatu yang unik dari BlackBerry. Dia tidak bia langsung menerima file via Bluetooth begitu saja. Kita harus mengaktifkan Receive via Bluetooth terlebih dahulu di BlackBerry kita. Dimana menu tersebut? Pertama -tama masuklah ke media di BlackBerry kita. Lalu klik tombol menu di BlackBerry, kita akan menemukan plihan Receive Using Bluetooth. Pilih menu tersebut, dan BlackBerry kita akan masuk kondisi standby untuk menerima. Barulah kita bisa mengirimkan file dari device via bluetooth.

Mengatur Agar Aplikasi Yang Muncul Di Home
Screen Home screen aalah tampila ketika BlackBerry dalam keadaan standby. Terkadang kita malas untuk setipa saat pencet tombol menu an memilih aplikasi yang kita sering gunakan. Akan lebih senangnya jika aplikasi -aplikasi di home screen bisa kita ganti sessuai dengan aplikasi yang seing kita gunakan. Ternyata tidak susah, aplikasi yang tampil di home screen adalah deretan aplikasi paling atas urutannya kalau kita pencet tombol menu. Tinggal kita ppindahkan aplikasi yang sering kita gunakan ke deretan paling atas, dan aplikasi tersebut akan muncul di home screen kita.

Menyembunyikan Icon Aplikasi yang jarang Digunakan
Mungkin kita sering terganggu dengan beberapa aplikasi yang tidak di gunakan tapi iconnya memenuhi layar BlackBerry. Ternyata ada caranya untuk menyembunyikan icon tersebut tetapi tadak menghapus aplikasinya. Tinggal pilh icon aplikasi yang mana yang ingn anda sembunyikan, lalu klik tombol menu . Disitu ada paliha untuk hide. Kalau kita ingin menampilkan kembali icon yanf anda sembunyikan tinggal klik lagi menu lalu pilih show all, dan pilihlah icon anda sembunyikan tadi,klik menu lagi lalu hilangkan centang di hidenya.

Tidak Diganggu Email Pada Waktu Tertentu
Ada beberapa orang yang ketika waktunya pulang kantor tidak lagi ingin menerima email, terutama email-email yang bersifat kerjaan, tetapi kadang lupa untuk mematikan secara manual, atau bahkan lupa menghidupkan lagi esoknya. Ada fungdi di BlackBerry dimana BlackBerry akan mematikan dirnya sendiri pada waktu yang di tentukan dan menghidupkan dirinya sendiri lagi di watu yang telah ditentukan juga. Dan walau keadaan mati, alarm dan calender tetap akan menyala pada waktunya. Featur ini di sebut Auto On/Off dan bisa ditemukan di Options>> Auto On/Off.

Agar Email Di BlackBerry Otomatis Ikut Terhapus Bila....
Kondisi ini dinamakan rekonsiliasi antara server dan BlackBerry device. Pertama-pertama yang harus kita lakukan adalah masuk kewebclient dan pilih edit untuk email account yang ingin di rekonsiliasikan. Lalu centang kolom yang bertuliskan Synchronize deleted items betwen this mailbox and my device. Lalu di BlackBerry kita pilih Messages lalu klik menu dan pilih options. Pilih menu email Reconciliation.Pastikan bahwa wireless Reconciliation dalam keadaan On. Dengan seting sperti ini maka ketika kita menghapus di server maka email di BlackBerry juga akan hilang. Dan ketika anda menghapus di BlackBerry email anda akan hilang. Jika anda ingin agar di server tidak hilang ketika anda delete di BlackBerry maka gantilah pilihan delete On dari Mailbox & Handheld menjadi Handheld saja.

1 komentar:

  1. waah ga mampu mas beli blackberry....cuma tips nya berguna banget buat tambah ilmu...thx ya...

    BalasHapus