Minggu, 12 Juli 2009


BlackBerry Bisa Diperintah Lewat Suara

Pemilik BlackBerry tinggal menekan tombol. Setelah itu sebut kata yang ingin dikehendaki.

(VIVAnews)

VIVAnews - Setelah berhasil mengantarkannya ke Apple iPhone, kini Google membawa aplikasi speech-to-text-nya ke perangkat BlackBerry. Aplikasi yang dimaksud adalah mesin pencari lokasi berdasarkan perintah suara.

Untuk menggunakannya, pemilik perangkat BlackBerry cukup menahan tombol hijau. Setelah aplikasi My Location terbuka, silahkan menyebut kata pencari yang ingin dikehendaki.

Kemudian, My Location akan segera menyuguhkan informasi lokasi seputar kata yang diinginkan user. Dan, canggihnya aplikasi ini akan menyesuaikan hasil pencarian berdasarkan lokasi terdekat atau lokal.

Hal ini dimungkinkan meskipun BlackBerry tidak memiliki chip GPS. Karena, pada My Location, terdapat fitur yang disematkan Google untuk mengenal lokasi user berdasarkan menara selular dan triangulasi Wi-Fi.

“Misalnya Anda sedang bertamasya ke London, dan tiba-tiba menginginkan Sushi. Dengan fitur My Location, Anda cukup mengatakan 'sushi' ke Google Mobile App, dan Anda akan diberi tahu restoran-restoran terdekat yang menyajikan Sushi di sekitar Anda,” papar Google dalam mobile blog-nya, yang VIVAnews kutip dari InformationWeek, Jumat 27 Maret 2009.

Lebih lanjut, papar Google, aplikasi ini hanya mampu berjalan di OS 4.1 ke atas. Dan, belum bisa berjalan di BlackBerry Storm.

• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar